10 Bagian Kamera dan Fungsinya

bagian kamera dan fungsinya

Informasi bagian kamera dan fungsinya cukup penting untuk kamu pahami jika memang senang dengan salah satu perangkat teknologi ini. Dengan menggunakan kamera jenis DSLR, kamu bisa menangkap berbagai gambar dan video menarik. Selain untuk menjadi alat hobi, kamera DSLR juga bisa menjadi senjata untuk berbisnis.

Bagian Kamera DSLR dan Fungsinya

Ingin tahu apa saja bagian kamera DSLR beserta fungsinya? Berikut penjelasannya.

Power Switch

Sesuai namanya, power switch adalah tombol terpenting di dalam kamera DSLR karena berfungsi untuk menyalakan dan mematikan perangkat teknologi ini. Perlu digarisbawahi bahwa setiap produsen kamera memiliki peletakan power switch yang berbeda-beda. 

Tombol Shutter

Pasti semua orang tahu apa fungsi dari tombol shutter. Ya, benar sekali! Tombol shutter berfungsi untuk mengambil gambar. Peletakan tombol ini selalu sama di dalam merek kamera apapun, seperti Canon 6D, karena akan ditekan menggunakan jari telunjuk. 

Cara penggunaan tombol ini ada dua. Kamu bisa menekan setengah agar kamera dapat fokus pada objek yang ingin difoto. Kemudian lanjutkan penekanan tombol secara penuh untuk mengambil gambar.

Baca juga: Ini Dia Jenis-jenis Kamera dan Fungsinya

Command Dial

Bagian kamera ini berfungsi untuk mengatur tingkatan pengaturan dari shutter speed, ISO, dan diafragma. Jadi, kamu bisa mengatur semua pengaturan tersebut dengan command dial. Begitu juga untuk pengaturan lainnya, seperti white balance dan exposure compensation.

Tombol ISO

Bagi yang belum memahaminya, tombol ISO berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera. Semakin besar angka ISO yang tertera, maka semakin banyak pula cahaya yang masuk. Kamu hanya perlu menekan tombol ini lalu gunakan command dial agar mendapatkan angka ISO paling tepat sesuai cahaya di tempat pemotretan.

Tombol Aperture

Tombol aperture biasanya terdapat di kamera entry-level saja karena berfungsi untuk mengatur diafragma dari lensa. Sama seperti tombol ISO, kamu bisa mengatur diafragma menggunakan tombol command dial.

Baca juga: 3 Merk Kamera Terbaik yang Digunakan oleh Para Youtuber

Mode Dial

Apakah kamu melihat ada satu roda pengaturan di bagian atas kiri kamera DSLR yang dimiliki? Itu adalah mode dial. Di dalamnya terdapat berbagai mode, seperti mode full automatic, program, aperture priority, shutter priority, hingga manual. Selain itu masih ada lagi berbagai mode tambahan, tergantung dari tipe merek kamera yang kamu miliki.

Tombol Menu

Tombol menu berfungsi untuk masuk ke dalam menu pengaturan dan operasi di dalam kamera DSLR kamu. Dari pengaturan auto-focus, size image, dan flash. Dalam penggunaan kamera DSLR, tidak hanya harus mengerti pengaturan ISO dan diafragma. Kamu juga perlu mengerti seluk beluk kamera menggunakan tombol menu ini.

Live View Switch

Tombol ini berfungsi untuk menutup cermin ke arah viewfinder lalu digantikan dengan mengeluarkan gambar yang ditangkap lensa ke LCD kamera. Biasanya live view switch digunakan untuk pengambilan video. 

Tombol Start-Stop Video

Kamera DSLR memang tidak hanya bisa mengambil foto saja, tetapi juga video. Untuk itulah mengapa ada tombol start-stop video. Dengan tombol ini, kamu bisa memulai proses perekaman video dan menghentikannya dengan mudah dan cepat.

Tombol Lens Release

Tombol lens release berfungsi untuk melepaskan lensa dari bodi DSLR kamu. Dengan keberadaan tombol ini, kamu dapat dengan mudah mengganti lensa untuk kebutuhan pengambilan gambar.

Sewa Kamera Pilihan di Raggam!

Menarik sekali membaca berbagai bagian kamera dan fungsinya. Untuk memenuhi kebutuhan kamera DSLR, kamu tidak harus membelinya. Sewa saja tipe kamera DSLR sesuai kebutuhan kamu bersama Raggam. Kunjungi Raggam sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEWA MOBIL

Toyota Fortuner

Rp. 1.200.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Honda Brio E CVT

Rp. 385.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Toyota Avanza AT

Rp. 450.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Toyota Calya AT

Rp. 350.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Scroll to Top