4 Penyebab Laptop Lemot yang Jarang Disadari

penyebab laptop lemot

Ada berbagai penyebab laptop lemot yang sayangnya jarang disadari karena ketidaktahuan dalam menggunakan perangkat teknologi ini dengan baik. Masalah yang terjadi pada laptop sehingga membuatnya lemot pasti sangat mengganggu kamu dalam menggunakannya.

Penyebab Laptop Lemot

Jika memang laptop terasa lemot, simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

Hard Disk Penuh

Penyebab laptop lemot yang pertama adalah hard disk penuh. Tidak semua orang memiliki tingkat kesadaran yang baik dalam menjaga hard disk laptop tetap mendapatkan ruang cukup untuk menyimpan berbagai macam file. Dalam proses penggunaan laptop, banyak yang mengunduh berbagai macam file, tetapi tidak melihat sisa ruang penyimpanan dalam hard disk. Akhirnya apa yang terjadi? Hard disk menjadi penuh. Jika sudah begini, maka jangan merasa aneh jika laptop kamu lemot. 

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah menghapus berbagai macam file yang memang sudah tidak dibutuhkan. Berbagai macam program di dalam laptop pun bisa kamu hapus juga. Jika memang masih membutuhkan file tersebut, kamu dapat memindahkannya ke hard disk eksternal.

Kapasitas RAM Kecil

RAM menjadi bagian penting untuk menjaga kelancaran laptop selama kamu membuka berbagai macam program dalam waktu bersamaan. Namun jika kapasitas RAM sudah terlalu kecil padahal kamu masih perlu membuka berbagai program tersebut, maka laptop pasti lemot. Inilah yang akhirnya membuat kamu merasa tidak nyaman. Bahkan untuk berpindah ke program lainnya akan terasa lemot. 

Solusi dari masalah ini adalah menambah kapasitas RAM. Terkadang ada laptop yang menyediakan ruang penambahan RAM. Contohnya seperti menambah kapasitas RAM dari 4GB menjadi 8GB.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Laptop dan Notebook

Terlalu Banyak Program

Ada berbagai program yang saat ini tersedia dan bisa kamu manfaatkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari dalam penggunaan laptop. Namun bagaimana kalau kamu terlalu banyak mengunduh program dalam satu laptop? Hati-hati, laptop bisa menjadi lemot seiring berjalannya waktu. Hal ini sangat mungkin terjadi jika kamu terlalu banyak membuka program dalam satu waktu. Akhirnya RAM tidak mampu mengakomodir kebutuhan kamu. Begitu juga hard disk yang sudah terlalu penuh dengan berbagai program tersebut.

Solusi untuk keluar dari masalah ini adalah mengurangi jumlah program yang terdapat dalam laptop. Kamu bisa menghapus beberapa program yang sudah tidak dibutuhkan lagi agar memberikan ruang untuk RAM dan hard disk dalam bekerja lebih maksimal.

Laptop Terkena Virus dan Malware

Hingga saat ini, virus dan malware masih menjadi salah satu bahaya yang mengintai sistem kerja laptop kamu. Tidak ada yang ingin merasakan bahayanya kedua hal tersebut. Biasanya, virus dan malware bisa masuk ke dalam laptop setelah kamu mengunduh file atau program dari situs yang tidak jelas tingkat kepercayaan dan keamanannya. Selain itu juga banyak laptop yang tidak dilengkapi program antivirus. Akhirnya ancaman virus dan malware semakin mengintai.

Solusi dari masalah ini bisa dengan menggunakan program antivirus terbaik. Selain itu kamu  juga bisa memperbarui sistem keamanan pada laptop. Selain itu, kesadaran diri untuk tidak mengunduh file dan program dari situs tidak jelas juga harus dibangun sejak dini. Bersikap lebih hati-hati selama di internet bukanlah hal yang salah.

Sewa Laptop di Raggam!

Itulah informasi penyebab laptop lemot yang jarang diketahui. Apakah kamu sekarang sedang membutuhkan laptop dengan spesifikasi optimal untuk mendukung aktivitas sehari-hari? Tidak perlu bingung untuk mendapatkan perangkat teknologi tersebut karena sekarang kamu sudah bisa sewa laptop bersama Raggam sebagai online marketplace penyewaan tepercaya. Dapatkan produk laptop seperti Thinkpad T450 dan Ideapad V310 sekarang juga di Raggam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEWA MOBIL

Toyota Fortuner

Rp. 1.200.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Honda Brio E CVT

Rp. 385.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Toyota Avanza AT

Rp. 450.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Toyota Calya AT

Rp. 350.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Scroll to Top