7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop dengan Cepat

cara memperbaiki keyboard laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop yang mengalami kerusakan atau tidak responsif memang cukup beragam. Dengan berbagai macam cara untuk memperbaiki salah satu bagian terpenting dalam laptop ini, kamu dapat mencari solusi paling tepat agar keyboard kembali berfungsi normal.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop dengan Cepat

Yuk, simak setiap caranya di bawah ini.

Restart Laptop

Bisa dibilang cara ini yang paling lumrah dan sering dilakukan, yaitu melakukan restart laptop. Dengan menggunakan cara ini maka kamu dapat mengembalikan laptop pada pengaturan awal dengan lebih cepat. Sistem operasi pun bisa langsung kembali seperti sedia kala sehingga mungkin saja masalah keyboard laptop bisa hilang seketika dan dapat kamu gunakan lagi.

Baca juga: 4 Penyebab Laptop Lemot yang Jarang Disadari

Cek Num Lock

Keyboard yang tidak berfungsi terkadang bisa karena kamu matikan sendiri. Fitur ini hampir pasti tersedia di berbagai jenis merek laptop. Salah satunya ketika Num Lock aktif karena membuat karakter berbeda keluar dari tombol yang kamu tekan. Untuk mematikan Num Lock, kamu dapat menekan tombol “FN” dan “NumLk” di keyboard secara bersamaan. Untuk jenis laptop lain, terkadang tombol yang harus ditekan adalah “Caps Lock” dan “NumLk”. Semoga keyboard kamu kembali berfungsi normal setelah menggunakan cara ini.

Masalah Driver Keyboard

Driver keyboard bisa menjadi salah satu pemicu masalah ini. Biasanya kerusakan driver keyboard terjadi karena kamu melakukan install software pihak ketiga yang ternyata malah membawa virus. Akhirnya yang diserang adalah driver keyboard laptop kamu. 

Untuk mengecek driver keyboard, kamu bisa membuka Device Manager lalu cari bagian keyboard. Jika di sana terdapat tanda segitiga warna kuning, berarti memang ada masalah pada driver keyboard. Kamu dapat mengunduh driver terbaru di situs produsen laptop yang dimiliki. 

Melakukan System Restore

Jika memang kamu baru saja melakukan install program dan akhirnya keyboard tidak berfungsi, coba pilih cara ini. System Restore membuat kondisi laptop kembali pada keadaan sebelum kamu install program yang membawa masalah itu. Kamu dapat mencari System Restore pada bagian “Control Panel”.

Jika kamu takut ada data yang hilang, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan System Restore ini.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Laptop dan Notebook

Bersihkan Keyboard

Masalah keyboard yang beberapa tombolnya tidak bisa ditekan biasanya karena terdapat debu dan kotoran di bagian dalamnya. Kebiasaan buruk, seperti makan di dekat laptop serta tidak mau membersihkan keyboard secara berkala menjadi pemicunya. Kalau sudah begini, maka kamu harus membersihkan keyboard sekarang juga.

Caranya dengan memiringkan atau membalikkan laptop dengan sudut 45 sampai 75 derajat sambil digoyang secara perlahan. Kamu bisa juga menggunakan pembersih khusus keyboard dengan bentuk seperti vacuum kecil. 

Konektor Terlepas

Bagaimana jika sudah mengunduh driver keyboard terbaru tapi tetap tak berfungsi? Mungkin konektornya terlepas. kAMU bisa kembali menghubungkan kembali konektor laptop yang memang ada di bagian dalam. Cara ini terhitung sulit. Jika kamu sudah menonton tutorial di YouTube namun masih belum berani melakukannya sendiri, sebaiknya urungkan niat. Bawa laptop ke toko servis tepercaya agar bisa langsung ditangani yang sudah ahli.

Mengganti Keyboard

Kalau seluruh cara di atas tetap tidak membuat keyboard kamu kembali bekerja seperti biasa, maka satu-satunya solusi adalah mengganti keyboard. Kamu bisa membawa laptop ke toko servis tepercaya untuk melakukan penggantian keyboard. Jangan lakukan cara ini sendiri jika kamu tidak yakin bisa.

Sewa Laptop di Raggam!

Dengan informasi cara memperbaiki keyboard laptop, kamu bisa segera menyelesaikan masalah ini sendiri. Kebutuhan keyboard yang berfungsi dengan normal memang harus terpenuhi sepanjang waktu. Kalau kamu membutuhkan laptop dengan kualitas optimal, pilih produk Dell Latitude E5450 dari Raggam. Dapatkan sewa laptop terbaik bersama Raggam sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEWA MOBIL

Toyota Fortuner

Rp. 1.200.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Honda Brio E CVT

Rp. 385.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Toyota Avanza AT

Rp. 450.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Toyota Calya AT

Rp. 350.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Scroll to Top