Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mau Sewa Mobil

Untuk kamu yang baru pertama kali atau sudah beberapa kali menggunakan layanan rental mobil, sebaiknya baca informasi berikut ini dulu yaa..

1. Asal Pilih Vendor Rental Mobil

Sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk melakukan pengecekan kredibilitas dengan membaca ulasan-ulasan yang terdapat di jejaring online. Enaknya kalo kamu sewa dari Raggam.id, kamu hanya perlu membaca rating atau halaman review.

2. Tergiur Harga Murah

Kesalahan kedua ini biasanya sangat berkaitan dengan kesalahan yang pertama. Umumya, layanan rental mobil di suatu daerah memiliki standar harga yang tak terlalu jauh. Jika kamu mendapatkan harga yang sangat murah, sebaiknya waspada.

Minta penjelasan atas biaya yang dikeluarkan sedetail mungkin dan bandingkan dengan perusahaan rental mobil lainnya di kota tersebut. Jangan sampai dibebankan dengan banyaknya biaya tambahan (add-ons) yang tentu dapat menguras kantong. Lebih buruknya lagi, jangan sampai kamu terjebak dengan perusahaan rental bodong alias penipuan.

3. Melakukan Order Sewa Dadakan

Jika memang perjalanan telah direncanakan sejak lama, tak ada salahnya melakukan pemesanan sewa mobil sejak jauh hari. Dengan memesan dari jauh hari, kamu bisa leluasa memilih jenis mobil sewaan yang digunakan. Selain itu, tentunya kamu akan jauh lebih tenang menyiapkan perjalanan lantaran tak perlu cemas dengan ketersediaan mobil.

4. Melakukan Pembayaran Tanpa Verifikasi

Sebaiknya lakukan transaksi sewa mobil pada platform terpercaya seperti Raggam.id. Sebisa mungkin hindari melakukan transfer dana langsung ke rekening atas nama pribadi. Apabila sangat terpaksa, maka lakukan pengecekan rekening sebelum melakukan transfer, dan pastikan rekening tujuan atas nama perusahaan. Validasi rekening bisa dilakukan lewat laman https://cekrekening.id/ yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

5. Memberikan Terlalu Banyak Data Pribadi

Hal ini biasanya terjadi saat kamu memilih rental mobil lepas kunci. Tak jarang penyedia jasa akan meminta beberapa data pribadi sebagai jaminan. Bahkan di beberapa tempat masih ada yang melakukan penahanan sejumlah kartu identitas, meski akan dikembalikan saat pengembalian kendaraan. Jika memungkinkan, hindari memberikan terlalu banyak data pribadi, termasuk data perjalanan kamu. Kecuali kamu menyewa dari Platform resmi seperti Raggam.id.

6. Tidak Mendokumentasikan Kondisi Awal mobil

Kesalahan satu ini juga biasanya terjadi di rental mobil lepas kunci karena selama penggunaan mobil akan sepenuhnya menjadi bertanggung jawab penyewa. Sebelum serah terima, petugas rental mobil biasanya akan melakukan inspeksi dengan mendokumentasikan kondisi mobil dan memberi check list saat mobil diantar dan dijemput. Tak ada salahnya juga penyewa ikut merekam dan menyimpan dokumentasinya.

7. Salah Perhitungan Durasi Sewa

Cek kembali jadwal perjalanan dan ketentuan rental mobil dari penyedia jasa yang dipilih. Untuk layanan rental mobil dengan pengemudi di Raggam.id, umumnya persewaan dihitung harian atau 24 jam. Sama halnya dengan rental mobil lepas kunci yang berdurasi minimal 24 jam. Jangan ragu untuk bertanya perihal denda overtime apabila benar-benar diperlukan.

Saat ini rental mobil menjadi pilihan utama saat memerlukan dukungan transportasi darat. Pilihlah layanan rental mobil yang punya kredibilitas baik, berpengalaman, serta jenis armada yang beraneka ragam lewat Platform Raggam.id.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEWA MOBIL

Toyota Fortuner

Rp. 1.200.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Honda Brio E CVT

Rp. 385.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Toyota Avanza AT

Rp. 450.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Toyota Calya AT

Rp. 350.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Scroll to Top