Ciri-ciri dan Solusi untuk Mengatasi Burnout Kerja

Burn out adalah kondisi stres kronis di mana pekerja merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional. Berikut adalah ciri-ciri burnout yang perlu dikenali:

1. Selalu merasa kelelahan. Burnout merupakan jenis stres terkait pekerjaan yang ditandai perasaan lelah, baik secara emosional maupun fisik.

2. Merasa tidak berguna. Munculnya rasa tidak berguna atau tidak kompeten. Hal ini mengarah pada kurangnya pencapaian dan produktivitas. Ada kalanya tanda-tanda burnout muncul sekaligus.

3. Depresi. Penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama burnout adalah pekerjaan. Sedangkan depresi bisa menjadi kondisi seumur hidup jika tidak ditangani dengan benar, termasuk depresi yang dapat disebabkan oleh pekerjaan. Bisa dibilang depresi dan pekerjaan saling berhubungan. Studi menunjukkan bahwa jika kamu rentan terhadap depresi, maka akan lebih rentan lagi mengalami burnout.

4. Membenci pekerjaan. Studi menunjukkan bahwa ketidakpuasan pada pekerjaan adalah salah satu dari beberapa efek samping dari burnout. Ciri-ciri burnout ini sering kali muncul disertai dengan penyakit fisik.

5. Sakit kepala. Herbert Freudenberger, psikolog asal Amerika Serikat yang mencetuskan konsep burnout pada tahun 1974, menyebutkan sering sakit kepala merupakan ciri-ciri fisik dari burnout. Selanjutnya, sakit kepala dapat berdampak pada masalah tidur.

Selanjutnya, bagaimana cara agar dapat mengatasi Burnout?

1. Evaluasi.

Diskusikan masalahmu pada orang yang dipercaya. Jika itu pekerjaan di kantor, maka kamu bisa berdiskusi dengan atasan. Perlu diingat untuk tetap berkesadaran dan berpikiran terbuka Ketika mempertimbangkan pilihan hidup, ya. Jangan biarkan pikiran negatif merusak tubuh dimensi fisik, energi, emosi, mental dan spiritual kamu.

2. Olahraga.

Aktivitas fisik dapat membantu mengatasi stres dengan baik. Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin untuk mengurangi rasa nyeri dan memberikan energi positif pada tubuh. Selain itu, peningkatan hormon endorfin juga bermanfaat dalam memelihara kesehatan mental.

3. Meditasi.

Meditasi atau olah rasa sebenarnya adalah bagian dari Yoga, dan tidak terkotak dengan Agama manapun. Ini adalah salah satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, sehingga kamu bisa merasa lebih tenang. Jika kamu tidak terbiasa bermeditasi, kamu dapat mencari tuntunan Meditasi online di Youtube, salah satunya adalah Meditasi Soul Reflection. Dengan melakukan meditasi yang tepat, perasaan akan menjadi lebih lega.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sagung Chandra Yowani, S.Si,Apt.,M.Si. meditasi dapat mencegah tekanan darah tinggi dan membuat telomer menjadi lebih panjang. Telomer adalah struktur pelindung yang terdapat di ujung kromosom linier yang penting dalam mencegah ketidakstabilan genom. Inilah yang membuat orang yang rajin meditasi jadi terlihat awet muda dan sudah pasti bebas stress.

4. Jalan-jalan Bareng Raggam.

Raggam adalah Platform sewa menyewa terbesar se-Indonesia. Apa pun pilihan mobilnya, berangkat refreshing atau healing pasti lebih mudah kalau sewa mobil di Raggam.id. Buat kamu yang baru pertama kali menyewa, Raggam punya diskon hingga 50% loh. Ingat liburan, ingat Raggam.id ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEWA MOBIL

Toyota Fortuner

Rp. 1.200.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Honda Brio E CVT

Rp. 385.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Toyota Avanza AT

Rp. 450.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Toyota Calya AT

Rp. 350.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Scroll to Top