Mobil Ditabrak dari Belakang? Jangan Lupa Cek Bagian Ini!

Agar nyaman dan aman dalam berkendara, kamu bisa menyewa mobil dari website terpercaya seperti Raggam.id yang sudah terjamin keamanannya.

Tabrakan mobil dari belakang adalah salah satu jenis kecelakaan yang paling umum terjadi. Kerusakan yang terjadi akibat tabrakan tersebut ada yang terlihat namun ada juga yang tersembunyi. 

Dilansir dari berbagai sumber, cek beberapa bagian yang perlu diamati ketika mengalami tabrakan dari belakang, diantaranya adalah:

Bemper

Ketika ditabrak dari belakang, komponen pertama yang harus kamu cek adalah bemper karena paling rentan rusak. Meski tabrakan pelan sekalipun, di bagian bemper akan terlihat goresan. Jika benturan yang terjadi cukup keras, ada kemungkinan bemper mobil menjadi penyok. 

Bagasi Mobil

Bagian mobil berikutnya yang harus dicek adalah bagasi. Coba buka dan tutup kembali bagasi. Karena bisa saja dampak dari tabrakan membuat bagasi tidak bisa ditutup, tidak rapat saat ditutup, atau tidak bisa dibuka sama sekali. Paling parahnya, mekanisme kunci pada bagasi menjadi bermasalah dan bagasi bisa terbuka mendadak saat di jalan.

Rangka Mobil 

Tabrakan dari belakangjuga bisa berdampak pada struktur rangka mobil. Hanya saja, untuk bagian ini memang sulit terlihat secara kasat mata. Butuh bantuan profesional untuk mengecek kondisi rangka mobil yang pernah ditabrak, apakah berdampak pada komponen lainnya atau tidak. Misalnya, pintu mobil tidak bisa ditutup atau tidak sejajar. 

Ban Mobil

Komponen lain yang tidak boleh terlewat untuk dicek kondisinya adalah ban mobil. Pengecekan pada bagian ini termasuk kondisi tekanan udara dan velg ban. Jangan lupa periksa baut dan bagian roda, apakah ada kerusakan yang bisa memengaruhi stabilitas mobil. Misalnya, ban mobil menjadi tidak presisi, yang bisa menimbulkan kecelakaan.

Untuk cara pengecekannya adalah dengan mendongkrak mobil dan mencermati setiap bagian ban dengan posisi menggantung. Perhatikan apakah ada bagian yang terlihat berbeda di bagian suspensi, misalnya saja terlihat miring. 

Kaca Mobil

Tabrakan dari belakang juga bisa berdampak pada kaca mobil. Jika sampai pecah, ada kemungkinan tabrakan tersebut membuat dudukan penopang kaca menjadi rusak, sehingga membuat kaca menjadi tidak presisi, meskipun telah diganti baru. 

Engsel Pintu Mobil

Cara mengetes kondisi engsel pintu adalah dengan membuka dan menutup pintu sambil memperhatikan kondisinya, apakah pintu bisa tertutup dengan rapat dan bisa dibuka dengan mudah. Selain itu, dengarkan apakah ada suara decitan pada saat membuka/menutup pintu. Waspadalah jika Anda mengalami kecelakaan. Pastikan kondisi kedua belah pihak tidak parah lalu diskusikan mengenai perbaikan kendaraan. Bila perlu, mintalah bantuan profesional atau bawa ke bengkel resmi terdekat agar bisa diperiksa secara menyeluruh. 

Agar nyaman dan aman dalam berkendara, kamu bisa menyewa mobil dari website terpercaya seperti Raggam.id yang sudah terjamin keamanan & mutu nya.

Meski penyewa bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kecelakaan selama menyewa, namun prosesnya akan dibantu oleh Vendor pemilik rental mobil dan juga RAGGAM sebagai Platform penyedia layanan rental mobil.

Sewa mobil di jaman modern ini pasti semakin mudah dengan RAGGAM, yang menawarkan berbagai jenis mobil untuk kebutuhan kamu.

Masih bingung dan pengen tanya-tanya seputar persewaan mobil dan barang lainnya? Hubungi Contact Support Raggam yang siap menjawab semua kebingungan kamu dengan solusi terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEWA MOBIL

Toyota Fortuner

Rp. 1.200.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Honda Brio E CVT

Rp. 385.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Toyota Avanza AT

Rp. 450.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Toyota Calya AT

Rp. 350.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Scroll to Top