Ini Dia Jenis-jenis Kamera dan Fungsinya

jenis jenis kamera

Kamera merupakan aset penting untuk seorang fotografer. Tiap fotografer mempunyai bidang foto yang berbeda-beda seperti landscape, portrait, food, fashion, dan masih banyak lagi. Tentunya, mereka juga menggunakan berbagai jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan fotografinya. Berikut ini jenis-jenis kamera dan fungsinya yang perlu kamu ketahui, jika kamu ingin mulai mendalami dunia fotografi.

Jenis-jenis Kamera dan Fungsinya 

Ada berbagai jenis kamera yang biasanya digunakan oleh para fotografer profesional maupun pemula yaitu:


1. Kamera DSLR (Digital Single-lens Reflex)

Kamera DSLR merupakan kamera digital dengan varian lensa yang paling banyak di antara kamera digital lainnya. Cara kerja kamera DSLR yaitu dengan meneruskan cahaya yang masuk dari lensa menuju viewfinder dengan menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma. Kamera DSLR merupakan kamera yang paling umum digunakan oleh fotografer karena dapat digunakan untuk berbagai bidang fotografi. 

Fotografer hanya perlu mengganti lensa saja sesuai dengan keperluan fotografi mereka di saat-saat tertentu. Kamera DSLR juga merupakan kamera digital yang menghasilkan gambar dengan jernih dan paling mudah digunakan bahkan untuk fotografer pemula sekalipun. Raggam menyediakan sewa kamera DSLR Canon 6D yang bisa kamu maksimalkan kapanpun kamu mau.

Baca juga: 3 Merk Kamera Terbaik yang Digunakan oleh Para Youtuber

2. Kamera SLR (Single-lens Reflex)

Memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan DSLR, namun kamera SLR merupakan mengarahkan cahaya yang masuk melalui lensa ke dua tujuan yaitu viewfinder dan focal plane. Kamera SLR merupakan kamera tipe analog yang tentunya masih menggunakan film roll untuk menyimpan foto. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mencetak hasil foto kamu secara manual dan tentu saja jika kamu ingin menyimpan hasil foto tersebut secara digital, kamu perlu melakukan scan foto satu-persatu. 

Secara harga, kamera SLR memang lebih murah dibandingkan kamera DSLR namun secara penggunaan, kamu memerlukan teknik yang lebih di dunia fotografi untuk dapat menghasilkan foto yang berkualitas. Tertarik ingin mencoba kamera SLR? Kamu bisa melakukan sewa kamera SLR EXA 1A melalui website Raggam, loh.

3. Mirrorless

Kamera mirrorless merupakan kamera yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir ini karena bentuknya yang lebih compact dibandingkan kamera DSLR, namun gambar yang dihasilkan tetap berkualitas. Sebagian besar fotografer pemula juga menggunakan kamera mirrorless sebagai kamera pilihan pertama mereka karena penggunaannya yang relatif lebih mudah dibandingkan kamera lainnya. 

Hal yang membedakan kamera mirrorless dengan kamera lainnya terletak pada cerminnya. Kamera mirrorless tidak menggunakan cermin sehingga cahaya yang masuk langsung masuk menuju sensor kamera. Raggam mempunyai kamera Mirrorless Sony A7 yang dapat kamu sewa langsung melalui website sekarang juga.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kamera DSLR untuk Pemula

4. Action Camera

Apakah kamu sering melihat kamera kecil yang biasa terpasang pada helm atau lengan seseorang? Nah, kamera kecil tersebut merupakan action camera yang biasa digunakan untuk merekam video atau mengambil gambar di luar ruangan. Ada beberapa action camera yang bahkan dapat dibawa ke dalam air, tergantung fitur yang dikeluarkan oleh produsen action camera tersebut. Oleh karena itu, kamera ini merupakan kamera yang paling tangguh di antara kamera lainnya. Kamu bisa mencoba action camera GoPro Hero 7 yang kami sewakan melalui website Raggam.

Pilih Kamera yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Nah, setelah mengenal jenis-jenis kamera dan fungsinya, jenis kamera manakah yang menjadi pilihan dan kebutuhanmu? Kamu juga bisa melihat jenis-jenis lensa yang kami sewakan melalui website Raggam pada bagian produk kamera untuk mendukung hasil foto kamu. Selamat mengejar momen menarik melalui kamera sewa dari Raggam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEWA MOBIL

Toyota Fortuner

Rp. 1.200.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Honda Brio E CVT

Rp. 385.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Toyota Avanza AT

Rp. 450.000 / Hari

Minimum sewa 2 hari

Toyota Calya AT

Rp. 350.000 / Hari

Minimum sewa 1 hari

Scroll to Top